Pages

September 30, 2014

Family Trip : Preparation

Merujuk ke posting ini, sekarang saya mau cerita tentang persiapan untuk family trip pertama Zafran ke luar kota untuk pertama kalinya. Iya nggak jauh sih, cuma Sukabumi-Bogor aja, tapi bagi saya yang emang pada dasarnya rempong dan panikan kalo apa-apa ngga ada, mending angkut semua aja deh, dibanding ada yang ketinggalan (walaupun kata suami, yasudahlah ya, masih bisa beli, hehehe.. -__-). Sebenarnya sih saya nggak deg-degan soal nginep diluar rumah untuk pertama kalinya buat Zafran, lebih ke bisa ngga ya anak ini anteng di mobil selama perjalanan Sukabumi-Bogor (dan sebaliknya?). Ngamuk ngga ya? Pingin lepas dari car seat ngga ya? Mabokankah kayak emaknya (dulu)?

Que sera sera, akhirnya kita berangkat pagi itu dengan bagasi yang 90% isinya adalah barang-barang Zafran. Yang waktu itu saya siapin antara lain: 
  1. Cuma dua hari satu malam sih tapi saya bawa beberapa pakaian karena Zafran adalah bayi yang amat sangat keringetan! Duh, bentar aja bajunya udah basah, makanya saya bawa lebih buat cadangan.
  2. Selimut Zafran. Selimut adalah binky-nya Zafran dan dia anteng banget kalo dibawain itu, sampai-sampai almost bisa tidur sendiri. Pengasuhnya sendiri dari awal udah wanti-wanti jangan sampai ketinggalan selimut ini.
  3. Handuk dan toiletries Zafran. Meskipun di hotel sudah ada handuk, saya bawa handuk sendiri buat Zafran.
  4. Tissue dan washlap.
  5. Peralatan makannya. Piring, spout cup, sendok. Saya bawa masing-masing dua, ditaruh di kotak tupperware besar.
  6. Karena saya e-ping, jadi harus bawa breastpump dan botol dot.
  7. Sikat botol dan sabun cuci botol. Iya rempong, haleluya deh buat yang bisa menyusui.
  8. Maenan Zafran. Yang banyak, karena takut banget Zafran bosen duduk di car seat.
  9. Disposable diapers.
  10. Cooler box, cooler bag dan blue ice untuk menyimpan stock ASIP dan....
  11. MPASI Zafran! Jeng jeng! Ini yang bikin jiper duluan sebenernya, nanti Zafran makan apa? Apa bawa slow cooker terus masak di hotel opo? Duh, harus bawa beras dong? Kaldu beku? Hahahaha.. sebelum sutris minum baygon akhirnya memutuskan untuk bawa frozen food aja, itu juga untuk hari keduanya. Hari pertama bawa makanan yang ditaro di cooler box aja, saya bawa puree kentang, kabocha dan zucchini untuk pagi dan siangnya. Sore saya sediain puree mangga. Untuk besoknya saya sediain puree ubi, lauknya masih kabocha dan zucchini. Sorenya prediksi udah di rumah lagi dong, jadi ngga sedia apa-apa, hehe.. Selain itu saya bawa fresh fruit juga, yang gampang dimakan di jalan, pisang dan alpukat.
Kalau dibaca-baca sekarang, kok kayaknya riweuh abis ya, padahal Zafran porsi makannya juga belum banyak, hehehe.. Selain itu ternyata doski kurang semangat makan pepureean, mungkin karena udah biasa dibikinin bubur beras pake kaldu, kalau buat kentang atau ubi kukus di rumah juga saya campur kaldu biar gurih. Makanya selama perjalanan makannya dikiiiit banget. Mommy panik dong, coba suapin buah, eh mau! Alhamdulillah kalo appetite-nya ke buah ngga berkurang ya, alpukat, pisang dan mangga lahap-lahap aja dimakan sampai abis. Selain itu Zafran juga suka gigit-gigitin timun dari garnish-nya makanan saya sama suami. Hehehe.. Gapapalah ya Zafran makan makanan restoran, bismillah toh restorannya juga (keliatan) bersih kok. Saya juga sempet pesenin jus mangga tanpa gula tanpa es di Warung Pasta. Semangat banget lho minumnya, mungkin karena saya dan suami juga ikut makan.

Verdictnya gimana selama perjalanan? Duh Zafran ini ternyata tukang tiduuur, hehe.. Almost all the time dia tidur selama perjalanan pergi, bangun bentar trus saya kerokin pisang karena sarapannya waktu itu dikit banget, terus maen bentar, terus tidur lagi. Pas perjalanan pulang lebih parah, karena tidur all the way Bogor-Sukabumi. Alhamdulillah soleh ya naaak, lanjutkan ya nanti-nanti, hehehe..


Latar belakangnya selimut kesayangan yang entah udah diilerin berapa kali itu, hahahahaha
What the hotel's refrigerator looks like.

No comments:

Post a Comment