October 13, 2014

MPASI 8 bulan : GMM dan GTM

Waktu pertama kali baca tentang GTM (Gerakan Tutup Mulut) dan GMM (Gerakan Melepeh Makanan) ini nggak kepikiran banget Zafran bakal kayak gini, secara dari enam bulan dia kalo makan anteng-anteng aja sih walo waktunya lama. Eh, ternyata mulai 8 bulan dia suka banget tutup mulut rapat-rapat sambil geleng-geleng kepala. Kalo kita terus paksa-paksa, tangannya bakal naik untuk menepis sendok yang kita sodorkan. Kalau di kasus saya, untungnya hal ini ngga berlaku untuk segala jenis buah. Yang ditepis oleh Zafran cuma makanan pokok berupa nasi lauk pauk aja. Kentang masih mau sedikiiiit. Roti lumayan lah.

Eh, ternyata ketika minggu-minggu penuh siksaan itu lumayan membaik, muncul gigi bawah pertama Zafran. Ternyata mungkin kemarin-kemarin itu Zaf sakit gigi ya, jadi nggak enak makan apa-apa. Ya pantes aja sih, wong orang gede aja kalo lagi sakit gigi males makan kan ya? Pantes kalo lagi teething, freezable teether-nya abis banget digigitin. Terus kalo lagi disodorin botol minuman dingin, digigit-gigit botolnya penuh semangat. Seneng kali ya adem-adem gitu.

Jenis makanan yang baru apa ya? Zafran udah dikasih ayam giling (kadang suka kadang enggak), ikan gindara (baru sekali dan waktu itu suka, mudah-mudahan seterusnya juga suka), yoghurt (suka banget, apalagi kalo dicampur sama buah), agar-agar (waktu buat agar-agar ini Zafran lagi mogok makan berat, jadi gagal deh, harus dicobain lagi nanti), tomat (dibuat puree dicampur bubur ikan, enak deh), mangga harum manis (SUKA! SUKA BANGET! Sampai mangap-mangap terus. :D) dan daging sapi dalam bentuk kaldu (kalo dagingnya sih belum dikasih. Tunggu sembilan bulan kali ya). Udah dikasih keju, unsalted butter dan UHT (sebagai campuran masakan) juga. Oh, sama kuning telur. Dari ayam apa aja yang ada, hehe.. males abisnya cari ayam kampung. Insya Allah gapapa kok, so far dikasih kuning telurnya cuma seminggu sekali, soalnya pernah baca kolesterolnya cukup tinggi.

Sekarang Zaf udah ngga pernah disaring juga makanannya. Alhamdulillah berkurang satu kerempongan. Tutup mulut udah jarang, cuma masalah ngemutnya itu lho. Melepeh sih so far jarang banget. Ada yang bilang kalo diemut disuapin air putih aja, eeeeh.. hasilnya air putihnya ikut diemut lho! Beneran! Bzzzz..

Tantangan selanjutnya adalah pingin buat masakan yang beraneka ragam! Saya akuin ini susah banget buat saya yang bekerja, karena ngga ada waktunya kadang-kadang. Kadang bisa bela-belain bangun lebih pagi untuk bikin yang rada macem-macem, tapi kalo lagi sibuk jatuhnya bubur lagi dan bubur lagi. Alternatifnya sih akhirnya abis-abisan aja pas weekend, bikin menu yang beda-beda dan menurut saya rada aneh-aneh. Banyak nyontek ke blognya teh Nessa, dan banyak nanya pertanyaan-pertanyaan bodoh juga, untung orangnya sabar banget (mudah-mudahan dibalas sama Allah SWT, amin YRA). In the end, mungkin saya ngga bisa sehebat teh Nessa atau Astri Nugraha, but I surely do my best for my son. Zafraaaan, tunggu mamah pulang ya sayaaang :-*

4 comments:

  1. Replies
    1. hahaha banyak bener yang lebih canggih dari gw aja mah

      Delete
  2. asik di mention di blog biar traffic rame #shameless

    ReplyDelete
  3. asik di mention di blog biar traffic ramean #shameless

    ReplyDelete