November 27, 2014

Quick Update!

I'd like to update everything about my little kiddo, but been very busy lately. So quick update!

Oktober kemarin Zafran sakit perdana. Emang sih dulu pernah demam dan flu ringan, tapi sehari sembuh sehari sembuh gitu. Nah waktu sakit kemarin, literally dia panas dan malem itu ngga bisa tidur lebih lama dari setengah jam. Abis itu bangun jejeritan. Demamnya naik turun berkisar 38 - 38.5 derajat. Walaupun setiap literatur bilang kalau minimal 3 hari sebelum dibawa ke dokter, hari kedua setelah demam langsung saya bawa ke dokter. Alasannya simple, anaknya ngga bisa tidur! Jadi dengan kejamnya saya minta obat tidur ke DSAnya. Eh, alhamdulillah dikasih obat tidur sehari itu, dia bisa tidur, besoknya demamnya turun daaaaan sehat-sehat sampai sekarang! 

Eh. Ngga sampai sekarang juga sih. Karena kemarin Zafran sakit lagi. Bzzzz... tapi yang ini ngga seheboh kemarin, cuma sedikit diare, jadi stop sayur dan buah, kasih karbohidrat dan protein tinggi aja. Dan pisang sih. Sekarang sih udah haha hehe lagi anaknya, tapi sempet turun berat badannya hiks. Mommy sedih.

Makannya gimana? Tetep susah kalo sama mommynya, tapi kalo sama mbaknya cepeeet! Suami pernah cuti dan ngintip Zaf pas lagi disuapin makannya sama mbaknya, lima belas menit selesai! Alhamdulillah ya... -___-"

MPASI yang baru? Sering-sering dateng ke blognya teh Nessa, soalnya resepnya simple tapi keren-keren, terus kalo ada yang ngga ngerti tinggal whatsapp orangnya dengan pertanyaan-pertanyaan bodong (Ngetim itu gimana ya teh? Sendok makan peres itu apa teh? Bless her.) Alhamdulillah masih suka masakin Zafran walaupun belum canggih, ga kayak yang di HHBF, tapi rasanya makin enak dan tolerable, karena kalo ga abis, mommynya yang suka ngabisin. #eaaaaa

Last, aduh udah jarang banget foto-foto Zafran karena anaknya subhanallah ga mau diem! Jadi kalo difoto pasti blur atau ngebayang. Perlu DSLR apa kita, suami? #kode





Kalo disuruh merangkak pasti nangis. Huh.
BYE!!!!

October 30, 2014

Just in case my husband read this blog..

... your wifey is craving.. salted caramel cupcakes. Red matte lipstick. Black eyeliner. Colorful ramekins. The Silkworm. the end.

#edisibanyakmau :)))

October 16, 2014

Perks of Being a Mother

Karena saya sedang banyak banget kerjaan, akhirnya bapaknya Zafran dipanggil pulang ke rumah (saya dan suami saat ini long distance) supaya bisa nemenin Zafran tidur (bisa siiih kerja sambil nemenin Zafran, tapi percayalah memandangi bayi tidur menyebabkan kantuk berat) dan saya bisa lembur kerja. Jam tujuh bapaknya sudah di rumah, dan Zafran juga sudah tidur. Akhirnya saya memutuskan untuk tidur dulu dan bangun jam sepuluh malam untuk bekerja seperti yang selalu saya lakukan apabila hendak lembur SEBELUM melahirkan.

Apa yang terjadi..

Jam sepuluh dibangunkan suami.. Zafran masih lelap dan suami sudah tidur. Belum pumping ASI dari jam lima sore. Akhirnya pumping dulu sampai jam 11 kurang seperempat. Beres-beres, masukin ke freezer dulu juga.

Turun ke dapur, aduh banyak sekali botol Zafran yang masih kotor. Akhirnya cuci steril dulu sampai jam setengah 12 malam.

Jam setengah 12 malam masak bubur buat makan Zafran besok. Gampil lah pakai slow cooker, lima belas menit selesai.

Jam 12 kurang 15, siap-siap buka laptop, baru aja laptop nyala, Zafran kebangun terus nangis sedih entah kenapa. Nggak berhasil dipuk-puk dan dibikin tidur sama bapaknya. Akhirnya harus ngelonin anak bayik dulu kurang lebih setengah jam sampai pulas lagi.

Setengah 1 pagi.. baru mulai siap-siap kerja. Damn, flash disk ketinggalan di kantor doooong... Batal kerja, batal kerja, batal kerja..


Well, you can't always get what you want... *kerukupan sama anak bayik akhirnya*

October 13, 2014

Mom's Fatique and Me-Time

Setelah jadi seorang ibu, saya baru menyadari yang namanya kelelahan itu pasti tak terelakan. Sebelum jadi ibu sering sih saya dengar, "Jadi ibu itu capek" atau "Jadi ibu itu harus bangun paling pagi dan tidur paling malam". Atau "Jadi ibu itu kepentingannya ditaruh di peringkat paling bawah".

Setelah jadi ibu, beneran lho saya merasa kondisi saya ngga pernah se-100 % kembali seperti sedia kala. Sempet baca sharing teman-teman yang lainnya dan beberapa ada yang bilang kalau sebenarnya kondisi kita sudah kembali, cuma karena beban physically dan emotionally bertambah, ya kita ngerasa terus capek aja gitu rasanya.

Kalau dibandingkan waktu Zafran newborn, tentunya tingkat kelelahannya sudah sangat berkurang ya. Saya ngga tau apa ini dialami oleh setiap ibu, atau kadarnya berbeda-beda di setiap ibu dan anak, tapi saya merasakan hingga Zafran berusia 3 bulan, saya nggak pernah tidur nyenyak lebih dari dua jam setiap malamnya. I am that tired. Belum lagi agenda nangis Zafran yang rutin dimulai dari jam 5 sore hingga jam 9 malam, ntah kenapa, kolik atau bukan saya nggak tau, yang pasti selama empat jam itu Zafran benar-benar harus digendong terus-terusan. Zafran 8 bulan ini sudah termasuk menyenangkan kok, sudah tidur sepanjang malam, hanya menyusu 2 - 3 kali saja. Tapi tetap saja sih ada suatu saat dimana saya bangun pagi dengan mood yang berantakan karena capek di kantor, pulang malam, masih harus cuci botol, masak MPASI dan pumping ASI. Ada aja lho saat-saat seperti itu. Jatuhnya kesal sama Zaf dan sumbu kesabaran saya yang pendek banget.

Makanya menurut saya seorang ibu itu butuh sekali me-time. Yang nggak belibet bangetlah kalo buat saya, weekend waktu ada suami, suami kasih saya waktu tidur siang dua jam aja saya udah bahagia. Untuk ibu bekerja, secretly saya rasa ke kantor juga merupakan me-time, iya nggak? Me-time berarti saya ibu yang jahat? Saya ngga tau sih kalo soal itu, setiap keluarga punya persepsi masing-masing ya, untunglah keluarga saya memiliki satu visi dengan me-time itu.

Yang pasti sih happy mom happy kid ya! Mudah-mudahan setiap ibu bisa berbahagia dengan caranya masing-masing yah.. :)

MPASI 8 bulan : GMM dan GTM

Waktu pertama kali baca tentang GTM (Gerakan Tutup Mulut) dan GMM (Gerakan Melepeh Makanan) ini nggak kepikiran banget Zafran bakal kayak gini, secara dari enam bulan dia kalo makan anteng-anteng aja sih walo waktunya lama. Eh, ternyata mulai 8 bulan dia suka banget tutup mulut rapat-rapat sambil geleng-geleng kepala. Kalo kita terus paksa-paksa, tangannya bakal naik untuk menepis sendok yang kita sodorkan. Kalau di kasus saya, untungnya hal ini ngga berlaku untuk segala jenis buah. Yang ditepis oleh Zafran cuma makanan pokok berupa nasi lauk pauk aja. Kentang masih mau sedikiiiit. Roti lumayan lah.

Eh, ternyata ketika minggu-minggu penuh siksaan itu lumayan membaik, muncul gigi bawah pertama Zafran. Ternyata mungkin kemarin-kemarin itu Zaf sakit gigi ya, jadi nggak enak makan apa-apa. Ya pantes aja sih, wong orang gede aja kalo lagi sakit gigi males makan kan ya? Pantes kalo lagi teething, freezable teether-nya abis banget digigitin. Terus kalo lagi disodorin botol minuman dingin, digigit-gigit botolnya penuh semangat. Seneng kali ya adem-adem gitu.

Jenis makanan yang baru apa ya? Zafran udah dikasih ayam giling (kadang suka kadang enggak), ikan gindara (baru sekali dan waktu itu suka, mudah-mudahan seterusnya juga suka), yoghurt (suka banget, apalagi kalo dicampur sama buah), agar-agar (waktu buat agar-agar ini Zafran lagi mogok makan berat, jadi gagal deh, harus dicobain lagi nanti), tomat (dibuat puree dicampur bubur ikan, enak deh), mangga harum manis (SUKA! SUKA BANGET! Sampai mangap-mangap terus. :D) dan daging sapi dalam bentuk kaldu (kalo dagingnya sih belum dikasih. Tunggu sembilan bulan kali ya). Udah dikasih keju, unsalted butter dan UHT (sebagai campuran masakan) juga. Oh, sama kuning telur. Dari ayam apa aja yang ada, hehe.. males abisnya cari ayam kampung. Insya Allah gapapa kok, so far dikasih kuning telurnya cuma seminggu sekali, soalnya pernah baca kolesterolnya cukup tinggi.

Sekarang Zaf udah ngga pernah disaring juga makanannya. Alhamdulillah berkurang satu kerempongan. Tutup mulut udah jarang, cuma masalah ngemutnya itu lho. Melepeh sih so far jarang banget. Ada yang bilang kalo diemut disuapin air putih aja, eeeeh.. hasilnya air putihnya ikut diemut lho! Beneran! Bzzzz..

Tantangan selanjutnya adalah pingin buat masakan yang beraneka ragam! Saya akuin ini susah banget buat saya yang bekerja, karena ngga ada waktunya kadang-kadang. Kadang bisa bela-belain bangun lebih pagi untuk bikin yang rada macem-macem, tapi kalo lagi sibuk jatuhnya bubur lagi dan bubur lagi. Alternatifnya sih akhirnya abis-abisan aja pas weekend, bikin menu yang beda-beda dan menurut saya rada aneh-aneh. Banyak nyontek ke blognya teh Nessa, dan banyak nanya pertanyaan-pertanyaan bodoh juga, untung orangnya sabar banget (mudah-mudahan dibalas sama Allah SWT, amin YRA). In the end, mungkin saya ngga bisa sehebat teh Nessa atau Astri Nugraha, but I surely do my best for my son. Zafraaaan, tunggu mamah pulang ya sayaaang :-*

September 30, 2014

Family Trip : Preparation

Merujuk ke posting ini, sekarang saya mau cerita tentang persiapan untuk family trip pertama Zafran ke luar kota untuk pertama kalinya. Iya nggak jauh sih, cuma Sukabumi-Bogor aja, tapi bagi saya yang emang pada dasarnya rempong dan panikan kalo apa-apa ngga ada, mending angkut semua aja deh, dibanding ada yang ketinggalan (walaupun kata suami, yasudahlah ya, masih bisa beli, hehehe.. -__-). Sebenarnya sih saya nggak deg-degan soal nginep diluar rumah untuk pertama kalinya buat Zafran, lebih ke bisa ngga ya anak ini anteng di mobil selama perjalanan Sukabumi-Bogor (dan sebaliknya?). Ngamuk ngga ya? Pingin lepas dari car seat ngga ya? Mabokankah kayak emaknya (dulu)?

Que sera sera, akhirnya kita berangkat pagi itu dengan bagasi yang 90% isinya adalah barang-barang Zafran. Yang waktu itu saya siapin antara lain: 
  1. Cuma dua hari satu malam sih tapi saya bawa beberapa pakaian karena Zafran adalah bayi yang amat sangat keringetan! Duh, bentar aja bajunya udah basah, makanya saya bawa lebih buat cadangan.
  2. Selimut Zafran. Selimut adalah binky-nya Zafran dan dia anteng banget kalo dibawain itu, sampai-sampai almost bisa tidur sendiri. Pengasuhnya sendiri dari awal udah wanti-wanti jangan sampai ketinggalan selimut ini.
  3. Handuk dan toiletries Zafran. Meskipun di hotel sudah ada handuk, saya bawa handuk sendiri buat Zafran.
  4. Tissue dan washlap.
  5. Peralatan makannya. Piring, spout cup, sendok. Saya bawa masing-masing dua, ditaruh di kotak tupperware besar.
  6. Karena saya e-ping, jadi harus bawa breastpump dan botol dot.
  7. Sikat botol dan sabun cuci botol. Iya rempong, haleluya deh buat yang bisa menyusui.
  8. Maenan Zafran. Yang banyak, karena takut banget Zafran bosen duduk di car seat.
  9. Disposable diapers.
  10. Cooler box, cooler bag dan blue ice untuk menyimpan stock ASIP dan....
  11. MPASI Zafran! Jeng jeng! Ini yang bikin jiper duluan sebenernya, nanti Zafran makan apa? Apa bawa slow cooker terus masak di hotel opo? Duh, harus bawa beras dong? Kaldu beku? Hahahaha.. sebelum sutris minum baygon akhirnya memutuskan untuk bawa frozen food aja, itu juga untuk hari keduanya. Hari pertama bawa makanan yang ditaro di cooler box aja, saya bawa puree kentang, kabocha dan zucchini untuk pagi dan siangnya. Sore saya sediain puree mangga. Untuk besoknya saya sediain puree ubi, lauknya masih kabocha dan zucchini. Sorenya prediksi udah di rumah lagi dong, jadi ngga sedia apa-apa, hehe.. Selain itu saya bawa fresh fruit juga, yang gampang dimakan di jalan, pisang dan alpukat.
Kalau dibaca-baca sekarang, kok kayaknya riweuh abis ya, padahal Zafran porsi makannya juga belum banyak, hehehe.. Selain itu ternyata doski kurang semangat makan pepureean, mungkin karena udah biasa dibikinin bubur beras pake kaldu, kalau buat kentang atau ubi kukus di rumah juga saya campur kaldu biar gurih. Makanya selama perjalanan makannya dikiiiit banget. Mommy panik dong, coba suapin buah, eh mau! Alhamdulillah kalo appetite-nya ke buah ngga berkurang ya, alpukat, pisang dan mangga lahap-lahap aja dimakan sampai abis. Selain itu Zafran juga suka gigit-gigitin timun dari garnish-nya makanan saya sama suami. Hehehe.. Gapapalah ya Zafran makan makanan restoran, bismillah toh restorannya juga (keliatan) bersih kok. Saya juga sempet pesenin jus mangga tanpa gula tanpa es di Warung Pasta. Semangat banget lho minumnya, mungkin karena saya dan suami juga ikut makan.

Verdictnya gimana selama perjalanan? Duh Zafran ini ternyata tukang tiduuur, hehe.. Almost all the time dia tidur selama perjalanan pergi, bangun bentar trus saya kerokin pisang karena sarapannya waktu itu dikit banget, terus maen bentar, terus tidur lagi. Pas perjalanan pulang lebih parah, karena tidur all the way Bogor-Sukabumi. Alhamdulillah soleh ya naaak, lanjutkan ya nanti-nanti, hehehe..


Latar belakangnya selimut kesayangan yang entah udah diilerin berapa kali itu, hahahahaha
What the hotel's refrigerator looks like.

September 22, 2014

Family Trip : Kuntum Farmfield

Yeeay.. akhirnya Zafran pecah telor, bisa trip keluar kota! Akhirnya dengan segala kegundahan dan kerempongannya (saya ceritain di posting terpisah deh), akhirnya bisa ajak Zafran jalan-jalan juga. Kali ini kita mau jalan-jalan ke Bogor. Iyaaa, sedeket itu, tapi menurut saya udah rempong ajah kayak pindahan. Hehee.. anyway, trip ini ngga pake itinerary (biasanya juga kan ngga bikin kaliii.. haha) sekemananya kaki melangkah dan segimananya mood anak bayik aja sih. Ide awalnya staycation di hotel aja, leyeh-leyeh di seprai linen sama ngajakin Zafran berenang. Tapi keingetan pernah baca tentang Kuntum Nurseries/Farmfield di salah satu website/blog dan karena ternyata lokasinya ngga terlalu jauh, makanya kita memutuskan untuk kesana aja.

Untuk lokasi, Kuntum ini terletak di Tajur. Saya kira lokasinya jauh gitu, masuk ke dalam karena kan peternakan/perkebunan yang kayaknya luas, eh ternyata ngga lho.. dari Ciawi cukup deket. Waktu kesana sih udah mempertimbangkan usia Zafran yang kayaknya masih cukup dini buat dikenalkan dengan hewan-hewan, tapi yasutralah, nanti kalo misalnya bagus bisa datang lagi kesini kan.

Waktu kita datang kesini, suasananya rame banget lho! Parkiran penuuuuh, bahkan ada bis rombongan mana dari TK/Playgroup mana. Sempet takut uyel-uyelan di dalam, tapi alhamdulillah enggak, tempatnya luas.



Lobinya kece yaaa.. Kayak dimana gitu. Di lobi ini juga ada terapi ikan yang bisa pijit-pijit kaki.


Harga masuk Kuntum seorang 25.000 rupiah, untuk anak dibawah 2 tahun masih gratis. Bisa apa aja di Kuntum? Yang pertama, buat ibuk-ibuknya bisa petik sayuran organik! Hehe, kalau saya sih waktu itu ngga tertarik. Nanti sayurannya bisa ditimbang dan dibawa pulang. Harganya masih reasonable kok, sama seperti sayuran organik di supermarket. Untuk bapak-bapaknya ada pemancingan juga, banyak liat bapak-bapak berseliweran bawa cooler box yang segede-gede gaban.


Bisa petik-petik disini.
Kalau buat anak-anak, kayaknya heaven ya disini. Bisa lari-lari karena tempatnya luas. Bisa kasih makan sapi dan kelinci, kasih mimik anak kambing, liat ikan, bebek dan berbagai macam unggas. Untuk pakan hewannya tersedia dan harganya juga ngga terlalu mahal kok.


Ini pakan-pakan yang dijual itu.
Kelinciii.. Kelinci disana pada tergelepar gitu deh, gw kira pada kekenyangan dikasih makan terus, hehe..
Waktu saya datang juga ada rombongan TK lagi maen tangkap-tangkapan ikan. Seru banget kayaknya kalo anaknya udah seumuran mereka. Di Kuntum juga banyak tempat-tempat ngiuhan ala gazebo, jadi kalo capek bisa duduk-duduk manis.



Tangkap ikan :)
Verdictnya... Zafran takut sapi! Dan kambing! Segala mamalia berkaki empat. Nangis dia, haha,, tapi emang pas datang sapinya lagi moo moo heboh sih. Cuma kan anak kambing cute bingit tuh, Zaf yakin takut? Zzzz.. Tapi kalau segala unggas dia doyan. Bebek, ayam, burung.. betah amat ngeliatinnya.






Nangis denger moo-nya sapi yang heboh :))
Di luar sepanjang tempat parkir juga ada beberapa kios makanan, saya dan keluarga makan siang disana. Tempatnya teduh, nyaman walau ngga begitu besar. Harganya juga standar, ngga terlalu mahal dan rasanya enak, saya makan siang berdua suami habis sekitar 70.000 rupiah. Fun fact: Kalau makan sama anak bayik itu susah ya foto-foto makanan, ngacak soalnya doski, boro-boro ngeluarin kamera dah, beres-beresin botol sambel sama kecap aja biar ngga dibanting-banting sama Zafran.

Intinya, mau deh kembali kesini lagi.. mungkin kalo Zafran udah setahun atau satu setengah tahun? Mudah-mudahan tempatnya masih ada, masih bersih dan apa-apanya masih terjangkau ya.. :)

Kuntum Nurseries
Alamat
Jl. Raya Tajur  No. 291  Bogor
Jam Buka
Hari      :     Senin – Minggu
Jam      :     08.00 – 18.00 WIB
Telepon 
0251 – 8244725, 8356752
Fax 
0251 – 8243148
Contact Person
Ibu Lily Bacas (087770015937)
Ibu Kennita (0816 888 541)
Email
Atau kunjungi kami di :
www.facebook.com/kuntum.farmfield

September 15, 2014

Confession of a Mom

Jadi... waktu saya hamil, saya menghadapi beberapa kengerian ketika membayangkan harus menjadi seorang ibu. Satu, saya nggak suka anak kecil. Duh, nggak pernah deh saya ber-uh oh kagum kalo liat anak bayi atau anak kecil yang katanya menggemaskan itu. Di mata saya, anak kecil itu ya menyulitkan. Hihihi..

Kedua, saya itu orangnya perfeksionis dan control freak. Dan kompetitif. Kalau melihat betapa banyak teori yang ada di pasaran, baik googling dari beberapa reliable source, sharing sama beberapa teman atau dari DSA, rasanya pingin meraup dan menerapkan semuanya. Padahal tahu nanti akhirnya pusing sendiri dan malah stress jadinya.

Ketiga, saya nggak bisa masak. Bukan nggak bisa basa basi yah, tapi saya benar-benar nggak bisa hingga nggak bisa mengupas buah dan nggak tahu seperti apa rupanya daun seledri itu. Duh, walaupun banyak yang bilang itu bukan keharusan, tetapi melihat poin kedua diatas, saya itu sangat control freak sehingga ingin tahu semua asupan makanan dan minuman untuk anak saya. Kompetitif sehingga berpikir kalau ibu-ibu lain bisa, saya juga tentunya bisa dong!

How a child could change everything! Setelah punya anak, perlahan saya mulai memiliki motherhood feeling (which don't come easily!), dan mulai merasa kalau anak bayi dan anak-anak kecil itu lucu dan menggemasakan (walau tidak merubah pandangan saya kalau mereka itu sangat menyulitkan, hahaha). Saya sudah bisa mengurangi sifat perfeksionis saya, dengan lebih mengedepankan insting dalam mengasuh Zafran, karena saya percaya insting ibu itu diatas segalanya deh, karena segala yang ibu lakukan itu semua demi kebaikan anaknya. Untuk yang ketiga, saya tetap ngga bisa masak. Haha, percayalah, masuk dapur itu adalah hal yang paling saya hindari! Tapi demi tahu persis apa yang masuk ke perutnya Zafran akhirnya saya berjibaku masuk dapur. Untung karena adanya teknologi, sekarang saya bisa memakai slow cooker untuk membuat makanan untuk Zafran sehari-hari dan tidak mengganggu kegiatan saya sebagai ibu bekerja. 

Selain itu saya juga memakai metode frozen food untuk menyiapkan sayur dan buah untuk Zafran. Alhamdulillah hal ini sangat membantu saya untuk menyiapkan makanan untuk Zafran. Capek sih setiap weekend bukannya istirahat malahan berkutat di dapur mengukus, menyaring, dan mem-blender semua bahan makanan Zaf. Atau bangun setiap hari jam empat pagi untuk menyaring buburnya Zafran. Tapi kalau saya baca dari milis atau forum atau cerita-cerita di parenting website, perjuangan saya belum ada apa-apanya ah dibanding ibu-ibu bekerja lain. Saya tinggal di kota kecil dimana saya bisa berangkat kerja jam setengah tujuh dari rumah. Bandingkan dengan ibu di Jakarta yang bisa berangkat dari rumahnya jam lima atau jam enam. Saya sempat baca ada yang bangun jam dua pagi setiap hari demi membuatkan makanan untuk anaknya. Wohooo.. keren sekali!

In the end, kalau kata ibu saya, segala sesuatunya dinikmati saya. Toh saat-saat ini juga pasti akan berlalu, dan suatu saat pasti bakal kangen segala kesibukan ini? Really? Ya kita liat aja nanti.. :)


Dadah dari Zafran! :)

September 09, 2014

MPASI 7 bulan : Welcome Protein!

Sebenarnya protein ini sudah saya kenalkan Zaf dari umur 7 bulan kurang 1 minggu sih, dalam bentuk kaldu ayam. Kalau menurut WHO bahkan sah-sah aja sudah diberikan dari 6 bulan juga. Bebas lah ya mau pakai aturan yang mana. Setelah kekalduan ini, protein yang saya berikan ke Zafran bentuknya protein nabati, jadi belum sempet beli-beli dedagingan atau ikan juga. Tahu, tempe dan kacang merah sih so far. Zafran sejauh ini doyan, terutama sama tahu, hehe..

Sembah sujud banget buat slow cooker ya, everyone really can cook, saya tinggal cemplung-cemplungin bahan di malam hari dan pagi, voilaaa! Tinggal saring-saring, bagi dua, masukin kulkas selesai deh! Gampil! (yaiyalah ya, masih bubur-buburan juga -__-) Zafran masih harus disaring karena masih sulit makan makanan bertekstur, Gemes juga sih, karena kan capek ya bok nyaring, tapi katanya sih every baby have their own time. Jadi yaudah sabar aja sampai Zafran mau makan makanan bertekstur.

Makanan 7 bulan apa yang baru? Apa ya... karbohidratnya nambah kentang kukus sama jagung kukus disaring. Sayuran nambah kacang merah, belum ada ide mau nambah sayuran apa lagi. Kacang panjang? Tomat? Penasaran sama masak tomat sih, tapi diapain ya.. *googling* Buah-buahan, pingin banget beli mangga sama jambu biji, aduh emak-emak sibuk bingit deh sampai ngga sempet, nanti nyuruh OB deh, hahaha.. penasaran katanya mangga harum manis kalo dibikin puree enak banget. Bisa juga dijadiin smoothies ditambah pisang. Kacang polong juga kayaknya oke, beli dimana kita kacang polong? *clueless*

Anyho, beginilah diary MPASI seorang ibu yang ngga masak, semoga bisa survive melewati MPASI 7 bulan ini.. Nggak sabar pingin nambahin keju dan butter waktu Zafran 8 bulan! :D

September 01, 2014

Solid Foodism 6 bulan

Buat ibu-ibu yang control freak seperti saya, ternyata susah juga ya mempercayakan makanan anak ke orang lain, walaupun saya tahu mbaknya Zafran sangat mumpuni untuk masak MPASI, lebih mumpuni dari saya malahan. Tapi ada aja complaint dari saya ketika pulang kerja, entah itu soal porsi, tekstur, atau kebiasaan mbak yang ngasih Zaf pisang terus-terusan. Zzzz.. Akhirnya jalan tengahnya adalah, frozen food! Saya buat MPASI-nya Zafran untuk satu minggu kedepan, lalu dibekukan. Lalu saya buat instruksi menu harian untuk mbaknya.

So far yang sudah dicoba ke Zafran..

Serealia : tepung beras merah wangi, tepung kacang hijau (eh ini serealia apa sayur ya? pokoknya yah..), tepung beras merah coklat, beras putih disaring, ubi putih.
Sayuran : Wortel, buncis, brokoli, kembang kol, labu kabocha. Zafran kurang suka pure sayur, tapi kalau sayurnya dicampur bubur beras dan dikasih kaldu, dia doyan banget. Alhamdulillah..
Buah : Pisang (favorit mbaknya dan neneknya Zafran. Zzzz.. Abisnya kalo dikasih pisang katanya doski mangap-mangap ngga keruan terus, hehehe), apel, pir, pepaya, melon, jeruk baby, alpukat
Protein : Ceker dibuat kaldu.
Cookies : Pureeland banana cheese. Haha.. Zafran lagi teething berat, dan dikasih cookies buat gigit-gigit ini seneng luar biasa, walaupun 50%-nya dimuntahin lagi.. -__-

Zafran minggu depan usianya 7 bulan, MPASI-nya makin beraneka ragam. Duh, deg-degan sebenernya, secara aslinya saya ngga bisa masak, motong buah aja gelagapan. Tapi bismillah aja ya, selama ini Zafran makan aja yang saya buatin buat dia, apa karena ngga ada pilihan ya, hahaha.. Mudah-mudahan kedepannya MPASI-nya bisa makin canggih dan ngga cuma puree dan bubur aja yah! (dadah dadah ke pancake ubi sama baso ikannya teh Nessa.. :D )

PS. Belum bisa foto-foto cantik, belum jago garnish, apalagi makanan bayi bentuknya benyek-benyek ngga jelas gitu ya.. See you next time!

August 13, 2014

Ini...

..mungkin salah satu posting yang paling nyenye disini.

I miss being youth and alay. I miss listening sad songs while thinking how pathetic my life is. I miss being irresponsible for anything. I miss weeping in the corner of my room, crying of love. I miss watching rain outside with gloomy heart. I miss doing every non-logical and childish thing. I miss writing my journal, not about life vision, family matters, future, but about what happened today, why I am so happy, and every tiny unimportant things. I miss my silent night. I miss me being alone.

It is so hard to tell, you know why? Because while I am missing all things above, I know deep in my heart I don't want to change a thing about my life now. Although I rarely (even can't!) do those things again. I am too busy live my life, now.


August 05, 2014

Hardest yet Fun Pumping Session

Bulan Juli saya nobatkan sebagai bulan terberat dalam kehidupan pompa memompa saya. Why? Jadi gini ceritanya..

  1. Pelatihan di kantor besar selama dua hari. Tanya temen yang ngantor disana katanya ngga ada nursery room atau tempat pumping. Duh, aduh.. Hari pertama cek-cek lokasi, musholanya sangat tidak memungkinkan dan kamar mandinya basah. Hiks. Udah mau menguatkan diri untuk nebelin muka dan mompa di mushola campur pake apron, baru nyampe pintu musola ketemu ibu-ibu, liat saya bawa cooler bag dan tanya, "Mau pumping ya?" Saya bilang iya, doski langsung ngasi kunci ke executive toilet. Masih toilet sih, tapi bersih, kering dan wangi. Alhamdulilaah.. rejeki Zafran. Pumping session pun berlangsung dengan aman karena ternyata pelatihannya rada-rada santai bin ngaret, hehe..
  2. Pulang pelatihan langsung disambung dengan on the spot salah satu debitur yang usahanya kontraktor pertambangan, lokasinya di Pongkor. Ngga kebayang sih, Pongkor tuh dimana.. katanya di Bogor, deeeuh, ternyata jauh ya bok. Mana macet, bulan puasa (iya sih, saya ngga puasa, tapi tetep di jalan terhura banget macetnya). Pergi dari kantor jam setengah lima, sampai lokasi jam sepuluh aja dunk. Sesi pumping pun dilakukan di mobil yang lagi jalan, dan saya sengaja duduk paling belakang dari tiga baris kursi itu, karena OTS-nya kan bareng pimpinan juga, kagok banget kalo saya duduk di tengah, walaupun sedia apron ya. Untunglah orang-orang pengertian semua, dan cuek-cuek aja yah. Pada akhirnya hasil pumping dibuang sebagian (hiks) karena baru sampai rumah jam sepuluh malam dan blue ice-nya menurut saya udah ngga dingin. Ya rempong keles, saya kan ngga dateng buat duduk manis di kantor, tapi turun liat tambang emasnya juga, nyeselnya karena ngga nanya ada kulkas ngga di lokasi. Ternyata di mess mereka ada kulkas kecil, tau gitu titip dulu yaaa.. Saya juga ngga pumping selama 6 jam karena harus turun ke lokasi dan peralatan ada di mobil, hiks. Jadi total seharian itu, berangkat jam setengah lima pagi, pulang jam 10 malam, seluruh sesi pumping saya lakukan di mobil yang sedang berjalan. Kagok bangeeet.. apalagi saya pake pompa manual karena baterai Swingnya abis (males banget deh pasang baterai di Swing, udah empat biji, gampang banget abis lagi... pingin Freestyle deh! *ditampol suami*). Belum jalan ke Pongkor ngga semanis madu, jeglongan dimana-mana, duh ASIP saya udah jadi milkshake sampai rumah. :(
  3. Minggu ketiga Juli... suami opname karena infeksi bakteri. That was hard week, empat hari saya bolak-balik rumah sakit-rumah-kantor, pumping di sana sini, jadwal pumping berantakan karena sibuk dan bad mood. Alhamdulillah sekarang suami udah sehat dan bahagia, semoga seterusnya :)
  4. Karena saya e-ping, maka kalau liburan di rumah saya harus tetep istiqomah mompa dong, kalau ngga anak saya minum apa? Eh, tapi tapi.. capenya liburan tanpa pengasuh Zafran selama libur lebaran ini, ngurus Zafran yang super aktif, beberes rumah, ngurus suami, dan masih tetap pumping juga. Belum lagi kesehatan suami belum 100% karena habis opname, makanya ngga tega kalo suami lebih banyak megang Zafran. Jadwal pumping amat sangat berantakan, kadang 4 jam sekali, kadang 5 jam, kadang 6 jam.
Akibatnya apa? Pas masuk kantor dan mulai pumping rutin lagi, kok hasilnya menurun begini? Huhu, ngga papalah, insya Allah masih cukup untuk kedua Zafran, cuma harus kembali dirutinkan lagi (power pumping apa kabar power pumping? Hehehe..)

World Breastfeeding Week






Breastfeeding is really worth fighting for..


I really can't say anything except the first investment you put for your kid's future is breastfeeding. I am not trying to offend formula-feeding mom, in the end it's every mother's choice.


Happy Breastfeeding Ibuk Ibuk! :)

August 04, 2014

26!

I am 26, alhamdulillah..

Had nice lunch with family in the noon, and dinner date with husband in the night.









Had dinner at Tomodachi, nice place but not so tasty.

26, I am coming!!!

Zafran's first solid food.... and the other things

Hello Monday! Back to the office, back to the business!
Tapi sebelumnya, saya dan keluarga mau mengucapkan Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin kalau misalnya ada isi postingan di blog ini ada yang menyinggung baik sengaja maupun tidak sengaja.

Jadi liburan seminggu kemana aja? Alhamdulillah ga kemana-mana, ngasuh anak bayik aja di rumah, have I told you kalo punya anak bayi yang lagi tumbuh kembang itu capeknya luar biasa? Seriously, no kidding. Seringnya di malam hari saya dan suami duduk termenung kecapekan sambil mikir, what have been we getting ourselves into? Hehehe.. Tapi diluar kecapekan luar biasa itu juga, ada kebahagiaan luar biasa kok. So, no regret I guess.

Zafran besok 6 bulan, alhamdulillah sehat, terima kasih ya Allah. Lagi hobi ngoceh, bawelnya luar biasa, da da da da da, terus guling tengkurep, kesel karena susah telentang lagi. Kesel kalo ditinggal-tinggal, makanya bapak ibunya harus sering-sering nemenin although kerjaan rumah juga banyak ya bok, secara pembantu dan pengasuh belum masuk. Udah sering saya bilang, tapi tetep ya, hail to ibu rumah tangga, capek banget lho buk ibuk jadi ibu rumah tangga.

Oyaaa.. karena udah 6 bulan, saatnya Zafran buka puasa! Yeay, welcome to solid food. Jadi walaupun Zaf 6 bulannya baru esok hari, tapi karena bapak ibunya pingin nemenin MPASI pertamanya, jadilah doski makan Sabtu kemaren. Insya Allah ga kenapa-napa lah, wong emaknya juga bukan tipe yang garis keras saklek ke aturan, hoho..

Sebagai orang yang hate kitchen and kitchen hates me, pastilah bingung tentang MPASI pertama ini, deg-degan, tanya sana sini, sampe ada temen yang bilang suruh sante aja karena bikin MPASI ini ngga sama kayak bikin rendang. Hahaha.. maklum lah emak-emak kuatiran. Bingung soal serealia dan buah juga saya alami, tapi kalo baca-baca beberapa pengalaman ibuk2 kayaknya ngga usah kuatir berlebihan yah, wong beda waktu pemberian juga kurang dari 2 minggu, bahkan ada yang langsung dikasih serealia dan buah. Ada beberapa teori juga yang bilang kalo protein seperti tahu tempe telur udah bisa dikasih waktu usia 6 bulan, cuma karena lebih ke rempong akhirnya saya lebih condong ke serealia, sayur dan buah terlebih dahulu. Seperti pemberian ASIX juga, MPASI juga banyak teorinya, dibaca-baca dan didalami aja yang menurut masing-masing ibu paling cocok buat anaknya masing-masing ya.

MPASI pertama Zafran adalah bubur beras merah wangi dicampur sama pisang ambon lumut. Eh, dia suka lho.. alhamdulilah.. :)



Never thought feeding baby will be this messy. Jadi kalo bayi menyusui, lidahnya itu kan didorong keluar, sedangkan kalo makan, lidah kita menelan ke dalam. Jadilah awal makan si anak bayik masih kebingungan dan makanannya didorong-dorong keluar. Gapapa ya nak, practice makes perfect :) Semoga Zafran makannya selalu rewog ya.. Amin.. :)

Sabtu kemaren juga I started running again. Alasannya karena sering ngeluh sakit badan dan sejujurnya abis ngelahirin kayaknya kondisi badan ngga pernah 100% fit. Akhirnya didesak sama suami buat mulai olahraga lagi, dan dengan baik hatinya Zafran dijagain sama suami selama saya lari. Baru lari 3 kilo udah mau pingsan rasanya, huhuhuhu.. Practice makes perfect juga yaaa.. mudah2an bisa lari seperti sedia kala.


Liburan yang menyenangkan! Sedih rasanya liat kalender dan ngga nemuin tanggal merah (selain Minggu) sampai... Desember! Oh my God.. -__-

Selfie! :)


Oom Odel.. haha.. Oh ya, Happy Birthday ya Oom Aldo! :)



Zafran ketemu high chair dijilaaaat :)))))

July 07, 2014

Zafran : The Birth Story

Kemarin Sabtu alhamdulillah Zafran udah lima bulan aja dooong.. Ngga kerasa ya (eh, boong ding, kerasa, kerasa amaat.. apalagi makin berat gendong badannya yang makin lama makin besar), rasanya baru kemarin ini ngelahirin Zaf. Jadi mau sedikit cerita tentang proses lahirannya Zaf deh, walaupun udah rada lupa-lupa dikit, mudah-mudahan masih akurat yah, hehehe..

Waktu tanggal 5 Februari, hari Rabu kalo ngga salah, baru hari ketiga saya cuti dari kantor. Masih santai banget, wong perkiraan lahirnya masih tiga mingguan lagi kok. Masih ada setumpuk buku sama tv series yang rencananya mau nemenin saya cuti bersalin. Cuma pagi itu rencana mau ke bank buat aktivasi internet bankingnya, dan entah kenapa pingin belanja-belanja aja di Giant.

Acara ke bank dan ke Giant berjalan sukses, pulang ke rumah sekitar jam satuan, entah kenapa pingin mie ayam di emang-emang gerobak biru yang mangkal depan SD deket rumah. Yaaa.. selama hamil saya bukan termasuk yang health freak juga sih, cuma memang menghindari jajanan kaki lima aja, bukan apa-apa.. takut sakit perut atau diare. Tapi entah kenapa pingin banget, dan sampai minta ART buat ngebeliin. Abis makan saya tidur siang dan bangun sekitar jam empat sore.

Waktu bangun, ada air merembes di paha, lumayan banyak dan ngga bisa ditahan. Keluarnya bertahap, keluar, berhenti, keluar, berhenti. Laporan sama mamah, dan mamah bilang (dengan sok tahunya), oooh, bukan kok, kalau mau lahiran pasti ada flek-fleknya. Tapi tetep curiga, karena beberapa hari sebelumnya pernah bbman sama temen, tanya-tanya proses lahiran dia, dan kok ceritanya sama kayak gini ya..

Akhirnya maksa mamah buat sms bidan deket rumah, dan bidannya langsung nyuruh kita ke RS. Cabs-lah kita berdua ke Hermina, masih belum bawa apa2, bawa tas tangan yang saya bawa jalan aja siangnya. Sampai di tangga depan Hermina, air ketubannya keluar banyaaaak.. duh, tambah deg-degan. Sama resepsionis langsung disuruh ke lantai dua, ruang bersalin.

Sampai ruang bersalin, disuruh rebahan sama bidan dan nunggu. Ampun deg-degan mampus, baru kepikiran buat kasih tau mas Ro. Belum kerasa sakit apa-apa, cuma degap degup aja jantungnya, mana cuma berdua sama mamah. Sekitar jam setengah limaan ada bidan buat cek air ketuban dan bukaan.

Deeeeuh, cek bukaan itu sakit ya ternyata ibuk-ibuk... gimana jaman dulu pas belum ada USG dan harus cek bukaan tiap kali konsultasi kandungan ya.. Rileks bu, rileks, kata bidannya.. rileks gimana ya bu bidaaan.. sakiiit.. Ternyata air ketubannya udah tinggal setengah, tapi belum ada bukaan juga.

Trus dikasih alat buat cek denyut jantung bayi, dan disuruh merhatiin apakah ada gerakan. Deg-degan banget karena setengah jam pertama sama sekali ngga ada gerakan bayi di perut. Akhirnya bidannya bawa bel segede-gede gaban yang dibunyiin katanya biar bayinya bangun. Alhamdulillah abis itu ada gerakan bayi di perut.

Sekitar jam enam, baru deh ngerasain yang namanya kontraksi. Rada-rada lupa sih, kalau ngga salah awalnya 15 menit sekali. Iya, langsung 15 menit sekali. Waktu pertama sih masih keketawaan sama mamah, sms-an sama temen (karena jaringan di ruang bersalin jelek banget, ngga bisa bbm ato WA), dan dikasih tau kalo suami baru bisa berangkat dari Jakarta jam enam-an. Waktu jam delapanan, kontraksi udah mulai sering, dan adeeeuh rasanya anyeeeep... sakiiit, sakit, sakit! Hahaha, lebay apa ngga ya, saya juga ngga tau, pokoknya rasanya sakit banget waktu itu, dan entah udah lima menit atau 10 menit sekali, lose count pokoknya saya. Sempet cek dalem lagi (aku benci bidan ituuuuh) dan belum ada bukaan juga.

Nah, waktu itu saya ditawarin induksi sama bidannya. Tapi kok ya, si bidan nakut-nakutin ya, bilang induksi itu tiga kali lipat sakitnya dari melahirkan normal. Zzzzz.. orang lagi kesakitan ampun-ampunan payahnya, dibilangin gitu, apa kabarnya saya yang cengeng dan penakut ini? Langsung deh bilang dengan lantang, sesar aja sus! Sesar ajaaa! Hahaha.. jangan dicontoh ya ini, eh, tergantung sih toleransi sakit masing-masing, kalau saya sih udah bisa mengukur toleransi saya, rendah banget. Hehehe..

Setelah itu langsung sama bidan ditanya kapan terakhir makan dan minum (oh, hello mie ayam!), terakhir makan sih jam 1 ya, tapi pas jam 4 kan minum. Divonis baru bisa operasi jam setengah 10, huhuhu.. apa kabar sakit masih menggila ini. Ya akhirnya nunggu aja sambil megang tangan mamah (dan si mamah dengan antengnya malah sms-an, hehehehe..)

Jam sembilan, dsog saya datang, cek-cek kondisi, nyabar-nyabarin saya (saya cinta deh sama dsog ini. Hello dr. Edi!). Waktu itu saya udah disiap-siapin masuk ke ruang operasi, ganti baju, jam sembilan seperempat saya didorong masuk ke ruang operasi. Cuma ada mamah sama papap, suami belum dateng, rasanya sediiiiih banget. Iya sih sesar termasuk operasi yang udah biasa banget dilakuin, tapi kalo ternyata ada apa-apa, dan belum sempet say farewell sama suami? I am dying insiiiide (ini ketauan kebanyakan nonton House/ Grey Anatomy).

Sampai dalam udah siap-siap dong, eh, kok ngga dimulai-mulai sih operasinya? Serius, saat itu di ruang operasi saya nahan sakit sambil megangin (dan nyakarin :p) mas-mas perawat yang ada di ruangan. Hehe.. Usut punya usut, waktu saya udah selesai operasi dsog saya bilang kalo dokter anestesinya ternyata mendahulukan operasi lain, padahal kalo menurut antrian saya dulu yang masuk ruang operasi. Duh, kesel banget waktu itu, hiks, ngga bisa bilang apa-apa kecuali istigfar banyak-banyak.

Jam sepuluh tepat, baru si dokter anestesi masuk dan membius saya sebagian lewat punggung belakang. Begitu biusnya masuk, aduuuuh, legaaa rasanya, semua sakit tadi langsung hilang! Terus saya diwanti-wanti kalo ngga mau liat, kepalanya hadap kiri aja, karena kan kalo ngadep atas bakal liat bayangan perut yang kepantul di lampu operasi. Ngadep kiri it is. Eh, sebelumnya sempet kaget, karena kok perut saya masih kerasa dibelek (hahahaha dibeleeek..), dan diteken-teken sih? Kerasa tapi ngga sakit, awkward banget. Dokternya sih nenangin, katanya ngga papa, emang biusnya ditakar yang seminim mungkin, jadi masih kerasa tapi ngga sakit.

Sepuluh menit kemudian, lahirlah Zafran Mahawira Yusuf. Iya, tepat jam 10.10 pm, dalam keadaan sehat, alhamdulillah ngga kurang apapun. :) Perasaannya? Campur aduk. Aneh rasanya awalnya liat Zafran, manusia kecil, warnanya rada abu-abu dan masih berlendir begitu, ngga ada gambaran bayi-bayi lucu yang ada di tv atau internet, hehe.. Tapi waktu Zaf disodorin ke saya untuk IMD, rasanya terharu banget sampai berlinang air mata, selama ini dia yang bobok manis di perut saya, sembilan bulan lamanya. 

Sayang IMD cuma sekitar 10 menit lamanya karena kondisi saya yang stres katanya. Aneh, jujur waktu itu saya ngga ngerasa stres, malah sedikit mengantuk. Saya ingat tidur sebentar malah sambil menunggu perut saya ditutup dan kemudian bangun mendadak karena kepala yang tiba-tiba sakit rasanya. Saya mengeluh kesakitan, dan kemudian dsog saya menyuruh saya untuk tetap tenang. Sakit kepalanya semakin bertambah dan waktu itu saya liat sebagian darah muncrat (bahasa indonesia bakunya muncrat apaan yes?) hingga mengotori wajah dan kacamata dsog saya. Waktu itu udah panik bukan kepalang, dan ternyata tekanan darah saya mencapai 180. Hal ini sama sekali ngga diprediksi, karena selama sembilan bulan kehamilan, tekanan darah saya normal, selalu ada di angka 110/80.

Sementara tim dokter masih menutup perut saya, saya menangis kesakitan. Salah satu suster akhirnya memijat kepala saya, dan ajaibnya sedikit meredakan. Ketika operasi selesai jam 11, saya keluar dari ruang operasi, saya sudah ngga merasakan sakit kepala lagi. Disambut senyum lebar suami (hallo daddy! :) ) saya dibawa ke ruang istirahat.

Sedihnya, walaupun sudah ngga merasakan sakit kepala, ternyata tekanan darah saya masih tinggi sehingga harus masuk ICU dulu. Jadilah saya masuk ICU jam setengah satu malam, dan belum bisa ketemu sama Zaf.. :( Sumpah sedih banget, apalagi waktu tahu kalo di ICU ngga boleh bawa hp dan ngga boleh ditemenin kecuali jam besuk. Semaleman saya ngga bisa tidur, boro-boro istirahat, badan rasanya ngga enak, keliyengan, mual (katanya pengaruh anestesi). Jam 4 ngga kuat, nangis sambil manggil suster jaga, pingin ketemu suami. Akhirnya suami diijinin masuk cuma buat nunjukin foto-foto Zafran di hpnya. Saat itu sedih banget, cuma bertekad harus cepet sehat biar bisa masuk ruang perawatan biasa.

Besok paginya DSOG dan dokter anestesi kontrol, tekanan darah masih bandel, ngga mau turun dari angka 140, 150. Mereka mau memindahkan saya ke ruang rawat biasa kalau sudah di angka 120, dan stabil tanpa obat penurun tekanan darah. Susah ya bok untuk mikir positif, rasanya pingin teriak-teriak, duuuh, bawa anak gueeee... mau ketemu sama Zafran. Susternya bolak-balik bilang, bayinya ngga apa-apa bu, masih sehat walaupun belum minum, ibu konsen sembuh aja. Dan setiap kali susternya bilang gitu, rasanya pingin nyekek susternya sambil bilang, I am his mother, I want to meet him!

Siang hari sempet sesek nafas dan panik banget karena susternya ngga ada. Oh ya, entah kenapa di ICU Hermina ini ngga ada bel buat manggil suster, karena setiap pasien supposed to be ditemenin 24 jam. Cuma waktu saya sesek nafas, hampir ngga bisa nafas literally, suster pas ngga ada. Saya manggil-manggil suster setengah tereak karena udah susah bernafas, sampai akhirnya bapak-bapak pasien ICU di sebelah saya ikut heboh manggil-manggil suster buat saya. Akhirnya suster datang, pas suster itu dateng, saya muntah hebat. Abis itu baru saya bisa nafas lagi, ngos-ngosan. Kata dokter jaga (waktu itu spesialisnya belum dateng), itu efek dari anestesi dan obat-obatan. Rasanya pingin nangis karena takut makin lama di ICU dan makin lama ngga ketemu Zafran.

Sore hari tekanan darah saya udah mulai turun, cuma masih fluktuatif antara 120-130. Dokter anestesi sih menyarankan untuk monitoring 1x24 jam lagi. Saya langsung puppy eyes ke dsog saya, dan dia akhirnya bilang kalau bisa tetep 120 sampai jam 11 nanti, kita pindahkan ke ruang rawat biasa. Pingin peluk dr Edi rasanya saat itu juga. Sore itu juga salah seorang bidan dateng untuk pompa ASI saya, untuk diberikan ke Zafran di ruang bayi. Bidan itu bawa pompa ASI punya rumah sakit, Pigeon manual apa ya, kemudian dia mulai mompa PD kiri saya. Ngga keluar! Waduh deg-degan. Terus inget kata temen kalo jenis pompa juga berepengaruh. Langsung laporan sama bidan, kalo suami saya bawa Medela Harmony diluar. Terus bidan manggil suami buat masuk ke ruangan. Sempet bingung, karena waktu cuci steril, si pompanya dipretelin dan waktu itu suami ngga bisa ngerakitnya lagi. Sialnya saya juga blank banget waktu itu, lupa samsek cara ngerakit si Harmony ini (padahal udah belajar berulang kali di rumah), sampai akhirnya suami sempet nge-Youtube cara ngerakitnya dulu, hehe..

Satu sendok teh aja, hasil pompa pertama dari kedua PD saya. Sedikit yah? Langsung dibawa ke Zafran dan (katanya) diminum dengan lahapnya oleh Zaf. Hiks, sedih banget waktu itu, wanti-wanti cerewet banget ke suami, kalo misalnya Zaf haus, kasih sufor aja. Iya, saya selemah itu. Cuma ditenangkan sama bidan disana, dibilang Zaf masih sehat kok, dan masih bisa puasa dua hari lagi.

Jam sembilan malam, dsog kontrol, katanya tekanan darah udah di angka 130 dan stabil. Saya memohon-mohon untuk dipindah ke ruang rawat biasa, dan akhirnya dia memutuskan monitoring dua jam lagi sebelum dipindahkan. Dua jam yang lamaaaa banget, sebelum akhirnya via telpon dsog bilang oke. Akhirnya saya dipindahkan ke ruang rawat biasa! Dan sejam kemudian.... pertama kalinya bertemu Zafran setelah di ruang operasi. :)

Zaf mirip banget sama perempuan ya back then, hehehe.. :)
Zaf 5 bulan :)

May 30, 2014

Hummm.. Hummm.. Hummingbird!

Waktu kemarin tanggal merah, eh, tau-tau mamah nanya, teh, mau ngga jalan-jalan sama mas? Takut bosen di rumah aja. Emang sik, sejak babymoon bulan apa itu, September apa Oktober, saya ngga pernah kemana-mana lagi sama suami, apalagi sejak Zafran lahir, belum memungkinkan juga buat jalan kemana gitu. Eh, kemarin mamah nawarin mau jagain Zaf seharian, ihiiiy, mumpung aja! Jadilah saya capcus sama suami kemarin berdua ke Bandung.

Perginya cuma sehari sih, cuma bawaannya, duh, rempong. Ngga, ngga bawa Zafran, tapi karena saya si mamah perah, jadi bawa-bawa peralatan mompa juga. Bawa cooler box lengkap sama ice gel dan blue icenya biar tetep dingin selama perjalanan. Rempong? Ya iya sik, tapi kan demi anak tercinta... Zaf dibawa? Pinginnya gitu, tapi neneknya ngga ngijinin, masih kecil katanya, kasian. Oh ya wis lah ya... mungkin ada baeknya juga jadi e-ping mom, jadi kan Zaf ngga nyusu langsung sama saya, jadi saya lebih woles ninggalinnya.

Eh, ngga juga dong. Baru dua menit mobil jalan, kok udah merebes mili aja.. Haha, lebay ya emang, tapi secara sejak mengandung Zaf dari 12 bulan yang lalu, saya ngga pernah pisah jauh-jauh sama Zaf. Ya ke kantor aja sik, tapi kan deket. Aduh, apa kabarnya nih kalau nanti jadi pelatihan lima hari di Jakarta? (hiks!). Sedih gitu, apalagi pas ditinggal Zaf belum bangun. Suami ngegodain, apa mau pulang lagi aja ke rumah.. Aduh, dilema, di satu sisi, pingin main, bosaaan. Di sisi lain kasian banget anak ditinggal-tinggal. Hahaha, tapi akhirnya tetep capcus juga sik, kapan lagi soalnya tanggal merah gini, soalnya kalau weekend pengasuhnya Zaf libur, jadi kita ngga bisa pergi kemana-mana juga karena ngasuhin Zaf.

Sebenernya ngga kemana-mana juga sik, cuma mampir ke Hummingbird Eatery di Progo, terus ke PVJ buat nonton. Duh, kangennya nonton di bioskop, bukan sulap bukan boong. Secara suami dan saya seneeeng banget nonton di bioskop, terakhir kali nonton itu bela-belain ke Bogor naik kereta buat nonton Catching Fire. Di sela-sela jalan, sempet-sempetin mompa tentunya, bahkan sambil jalan di jalan tol juga, hehehe.. Alhamdulillah... seneng banget kemarin, walaupun setiap liat baby digendong atau didorong di stroller langsung keinget Zaf. Ngga nyangka banget bakal punya insting keibuan segininya, secara saya bukan tipe yang suka anak kecil, hehe..

Kalau soal Hummingbird, suka, suka banget menu Early Risernya, karena saya memang suka menu sarapan. Tempatnya juga enak banget, sayang banget karena porsinya gede (suami saya cinta banget sama porsinya), jadi terlalu kenyang buat pesen menu lainnya, padahal katanya cake disana juga enak. Sepanjang jalan Progo banyak banget restoran lucu-lucu, lain kali deh ya.




Full Monty buat suami. Ini porsi super duper besar, jadinya sepertiganya diembat deh sama istri. Eh apa setengahnya ya? Hahaha.. Kentangnya enyaaak bangets!

Egg Society, cinta sama toastnya yang dicelupin ke kuning telur setengah matang. Suami rada-rada jijik gitu liatnya, doski ngga suka telur setengah mateng, hehehe..


Berhubung promo hari Kamis setiap beli sarapan yang ada telurnya dapat gratis hot tea, kita jadi ngga beli minum lagi. Eh suami beli Ice Coffee sik yang sukses ngga abis, karena katanya kopinya kuat bingits. Btw hot teanya juga enak, saya pesen yang strawberry tea, suami pesen yang peach.
Zafraaan, cepat besar ya naaak, nanti jalan-jalan sama mommy!
(yang langsung disamber sama bapaknya, jangaaaan, nanti kalau udah gede jadi ngga lucu lagi, hahaha)