April 15, 2015

On Being Healthy

Jadi sekitar bulan Februari, saya iseng ikutan program diet mayo yang lagi hits banget itu. Salah satu alasannya karena shock waktu nemenin Zafran imunisasi dan saya timbang berat badan, angkanya almost mencapai 58 kg! Huhuhuhu, itu mah ampir-ampir mirip berat badan saya waktu hamil. Pra-hamil BB saya 54 kg, naik hingga 64 kg. Setelah melahirkan sebenarnya sempat turun sampai 55 kg, tapi karena sering banget kasih excuse kan lapar habis menyusui/ pumping, konsumsi makanan menggila dan tidak terkontrol (hello roti keju tengah malam!). Selain itu, boro-boro olahraga, sesama ibu baru pasti tahu laaaah rasanya punya bayi, time-consuming! Lebaynya, buat mandi aja kadang ngga ada waktu! Jadi makin nggak keurus deh badan.

Nah, awalnya sih masih cuek sama BB yang saat itu 58 kg, toh suami juga gak pernah komentar apa-apa. Tapi suka ngerasa cepet capek, terutama abis pulang kantor, sering ketiduran dan nggak sempet maen sama anak. Sedih banget. Belum sering pegel-pegel, bisa diatasi sama pijat sih, cuma abis itu ya kembali pegel lagi. Mamah saya komentar, "Teh, kayaknya harus olahraga lagi deh kayak dulu.." Waktu itu masih saya tanggapi, "Yaaah maaah, ngga ada waktunya.."

Nah, kemudian salah satu temen kantor ada yang ikut program diet mayo dan berhasil melalui 13 hari siksaan itu. Karena kompetitif, jadi pingin ikutan kaaan.. Suami wanti-wanti, boleh ikut, tapi jangan maksain diri, pokoknya sewajarnya lah ya. Akhirnya ikut diet mayo, dan alhamdulillah lulus 13 hari! Mungkin karena dulu pra-hamil juga sering bawa bekel sayuran dan buah-buahan ya, jadi nggak terlalu berat seperti yang dibilang orang-orang. Paling godaan paling utamanya itu sambel sama kerupuk. Oh, sama kacang sukro! Hahaha.. Sehabis diet mayo ini saya turun 3 kg.. lumayan lah ya, karena nggak pake olahraga juga, lemes! Dadah dadah sama Agni Pratistha yang selama diet mayo masih weight training, zzzz..
Menu Diet Mayo
Sehabis diet, banyak denger komen orang-orang yang BBnya akhirnya balik lagi, karena menggila makan lagi. Duh, ngeri, ngeri, ngeri. Hehe.. Tapi saya suka makan, gimana dong? Akhirnya nyobain program bawa bekel sendiri, karena bisa menahan diri untuk jajan di kantor, termasuk gorengan! Dari situ saya kenal sama instagram @gengbekel dan hashtag #bekelicious, yang sangat menginspirasi saya untuk mempersiapkan bekel sehari-harinya. BTW, saya nggak jago masak lho! Jadi bekel yang saya bawa seadanya aja, dan masih no salt, sedikit-sedikit dikasih saus tiram sih. Untungnya yang makan saya aja, jadi ngga ada yang komplain rasa. Eh, suami juga saya bawain seminggu sekali/ dua kali dan so far dia ngga komplain walaupun makanannya ngga saya kasih garem hehehe..

Selain itu saya juga olahraga. Ini nih yang bikin males banget sebenernya, cuma ya kerasa banget sih bedanya. Biasanya sih saya ke gym yang untungnya ada di depan kantor. Alhasil badan lebih fit dan stamina lebih bagus. Kemarin saya dan temen kantor ikutan 30 day squat challenge. Curi-curi waktu gitu di kantor, dan sekarang udah hari ke-28. Seru!


Cheating day? Oh tentu ada.. Seneng banget karena suami sangat suportif dan selalu mengingatkan tiap harinya walau dari jauh. Dan selama weekend, bebas makan apa aja! Hahaha.. kadang ngerasa bersalah kalo udah rada menggila makan di wiken, tapi gimana dong, belum bisa makan-makan yang amat sehat kalo wiken. Paling aturannya harus banyak sayur dan buah aja, sekalian ngajarin Zaf konsumsi sayur dan buah, dan ngajakin bapak suami makan buah juga, takutnya kalo sehari-hari dia jarang konsumsi karena ngga ada yang nyiapin.

Dari segi budgeting, yaaaa.. memang lebih mahal ya dibanding jajan aja di kantor, atau makan di warung-warung gitu, tapi diakali aja sih. Misal, daging ayam atau sapi bisa diganti tahu, tempe atau jamur. Main menu aja (ecieee, main menu, serasa banyak gitu bank resepnya :p), dan rajin-rajin cari yang lagi diskonan atau promo di supermarket. Pinginnya sih bisa bikin honey lemon shot tiap hari, atau overnight oat pake kiwi gitu, tapi for now banana and avocado is more than enough lah ya =P

Mudah-mudahan bisa istiqomah ya, nggak males, dan bisa selalu cuekin omongan orang-orang yang underestimate (ada lho! Tapi alhamdulillah yang support juga ngga kalah banyak, hehee..). Kalau misalnya capek, males masak, mau tahu nggak motivasi utama saya? Foto bekel saya di-like di instagram! Hahaha, cetek ya.. tapi lumayan buat mendorong diri sendiri masuk dapur. Kalo capek banget, ya tinggal tumis ini tumis itu, masukin saus tiram! Selesai deh! :D :D

Beberapa menu bekel ke kantor.
Until next time! Kudos!

April 06, 2015

How we spent this weekend (I can't think of another title)

Kemarin saya dan suami staycation dua hari satu malam di Bandung. Only two of us, no kid! Hehehe.. seneng banget sih walaupun cuma ke Bandung aja, kerasa aja udah lama ga nge-date beginian, berdua aja lagi, mama malah dengan semangat menyarankan udah bikin tiga hari dua malam aja! Haha.. tapi dua hari juga udah kangen banget sama si anak kecil, jadi akhirnya kita bikin dua malem aja. Jadi kita kemana aja ke Bandung? Ya makan-makan atuh! (Dadah dadah sama teteh trainer, hahaaa..).

Hummingbird! Our favorite breakfast spot!
Sekali-kali selfie emaknya yaaaa, jangan foto anaknya terus..
Ratatouille for me and chicken wrap for husband. Penasaran banget pingin nyoba cake disini, tapi kenyang duluan.. Rencananya besoknya mau kesini lagi buat bungkus pulang, tapi udah kepalang beli kue banyak di Bawean =p
Foto ala-ala depan cermin :))
Wajah bete suami karena diajakin makan manis-manis terus, hahaa..
Salmon baked rice di Nanny's Pavillon
Potato chip with the bla bla bla (lupa menunya), pokoknya semacam saus bolognaise sama lentils gitu... Skip blueberry pancake disini karena ternyata dua menu yang kita pesen porsinya geday sekali. Padahal terakhir kesini blueberry pancakenya enak bingits!
Matcha almond parfait. Heaven on earth! Suami pesen hot matcha tea, dan sama enaknya! Karena baru buka di Progo, Heavens Green Tea ini diskon 15%.
Bibimbap and chicken bites at Bon Chon Chicken.
Fruit danish at Bawean Bakery
Cookies cheese cake at Bawean Bakery. Selain itu kita beli bagelen, cheese stick (mamah worship cheese stick ini, dan makannya bareng.... kucing! Astaga maaah, sayang amat) sama cookiesnya. 
Our room at Fabu Hotel Braga. Kalo ga bawa anak kicik enak ya, hotel yang simple dan ga banyak prasarananya juga jadi.
Besoknya langsung reunian sama anak, jadi sekalian setor foto anak juga.. Zafran 14 bulan kemarin!!! :) :)




So, til next time ya ibuk-ibuk! (dan yang bukan ibuk-ibuk juga :)) ) Saya mau squat dulu 200 kali, hahahaha...

March 23, 2015

Son is turning 1

Posting ini sebenarnya amat sangat telat, karena udah lewat sebulan lebih. Apa daya Februari anak dan suami bergantian sakit (huhu) jadi bener-bener deh sebulanan itu sibuk aja. Terus Maret ini adalah bulan yang sangat penting buat bankers (you know who you are, bankers!), jadilah ngga bisa terus update blog.

Jadi ada apa dengan Zaf? Di umur 13 bulan ini Zaf baru belajar ditatih, kalo kata orang-orang sih telah ya, tapi worry not sih, katanya kalsium Zafran ke gigi dulu, karena giginya Zafran sekarang udah sembilan! Hehehe.. ya sudahlah ya, no more comparisons with other kid (walopun emaknya tetep suka stalking-stalking instagram lain, haha).

Teruuus, Zaf udah bisa makan nasi! Haha.. kayak gitu aja dibanggain ya, whatever, ada saat-saatnya males banget masak buat Zafran, tapi sejak Zafran udah bisa mamam nasi walaupun masih berhamburan kemana-mana, berkuranglah satu kerempongan bikin bubur atawa nasi tim. BTW sih sekarang lagi seneng-senengnya masak (eciee..) soalnya anaknya juga lagi seneng-senengnya makan (alhamdu? lillaaaaah..). 

Dan apalagi apalagi? Aduh seriously masih dibayang-bayangin sibuknya bulan Maret, jadi inti ceritanya mau sharing foto-foto aja kali yah.






Bye! Til next time!

February 03, 2015

Semarang, Here We Come!

Karena terakhir kali Zafran ketemu eyangnya pas dia masih empat bulan (atau lima?) jadi tahun ini gol-nya Zafran bisa dibawa pulang kampung ke Semarang. I know, I know.. banyak banget ibuk-ibuk yang bawa anak bayiknya pergi-pergi jauh dengan usia yang lebih muda, tapiiii..buat saya jiper juga ya.. ngebayangin bawaannya Zafran (ASIP gimana ASIP? Mana hasil pumping lagi menurun lagi.. More on that later..). Tapi ya masa Zafran gak ketemu eyang sama pakle bukle-nya sih setelah sekian lama? Selain itu saya sama suami punya prinsip yang sama lagi, buat mudik bebawa anak pas lebaran... errr.. nanti dulu deh! Ribet dan pasti trafficnya nggilani. Awal-awal tahun ini sebenarnya waktu yang pas banget karena load kerja saya sama suami juga belum terlalu banyak.

Awalnya masih santai karena rencana pergi ke Semarang masih di bulan Februari, namun karena suatu hal (yang mana sekarang saya lupa apa suatu hal itu, hahaha..), akhirnya schedulenya dimajuin ke tanggal 17 Januari! Hehe, panik... panik.. akhirnya semua urusan tiket dan akomodasi disana diserahkan ke suami (yang mana baru pertama kalinya, terus dia rada kaget gitu, "Babe, kok aku ditelpon Garuda ya, diingetin flight besok? Selama ini aku belum pernah lho ditelpon gitu..". Hastagaa sayaaang, ya iyalah nggak pernah, selama pergi-pergi ini kan yang book apa-apa pasti istrimu ini, ya pasti gw juga keles yang ditelpon, hahaha..

Riweuh pertama soal ASIP, karena Zaf masih ASI exclusive, jadi harus bawa ASIP dan cari cooler bag gede yang rada mumpuni karena kita disana empat hari tiga malem, lumayan lama juga. Untung Garuda Indonesia sangat helpful, dan kita ended up bawa kurang lebih dua setengah liter ASIP beku di cooler bag yang terus di-wrap dan dimasukin bagasi. Selain itu kita juga bawa empat botol ASIP cair ke kabin. All is well lah. Tapi emang sebelumnya suami kontak-kontakan dulu sama staff Garuda Indonesia via email, dan emailnya diprint jaga-jaga kalo ada masalah pas check-in. Alhamdulillah sih ngga ada apa-apa.

Riweuh kedua soal MPASI. Yaaaah, walaupun makanan Zaf ngga netral banget dari gula garam dan kadang-kadang Zaf juga ikut jajan diluar, tapi so far sebagian besar dari makanan Zafran itu saya yang masak, jadi tau lah sebagian besar yang masuk ke tubuh Zaf. Dan saya juga ngga pernah nyoba MPASI instan.. lalala, jadi bingung, masa masak apa gimana yaaa.. In the name of nggak mau riweuh akhirnya kata suami, yaudah! Ngga usah masak! Makanan Zafran beli di jalan aja. Bubur atau roti-rotian gitu aja. Tapi akhirnya beli Heinz yang toples-toplesan gitu sih.. in case Zaf ga mau makan, soalnya terakhir jalan ke Bogor kan appetite Zafran parah banget, sampai emaknya stres, bzzzz. Terus akhirnya nyisip-nyisipin pure buah beku ke cooler bag ASIP karena masih ada space, hehe..

Ngga punya itinerary di Semarang, karena kata suami, "Babe.. ini bukan liburan ya.. ini mandatory visit..", hahaha. Jadi ya literally cuma pergi ke rumah mertua aja, dan untungnya yang awalnya ngeri Zaf ngamuk karena biasanya suka gitu kalo ketemu orang yang dia belum kenal, ternyata nggak! Dia behave banget sepanjang perjalanan, mulai dari ketemu pramugari (flirting!) sampai akhirnya ketemu keluarga di Semarang. Di pesawat juga gitu.. mommy deg-degan abis (I'm scared of death getting on plane, apalagi abis tragedi Air Asia itu, huhuhu..), Zafran seneng banget sama suara bising pas mau take off, dan heboh pas pesawat mulai jalan. Oke. Haha.. Dan alhamdulillah nggak penging juga.

Selama di Semarang juga Zaf makan banyaaaak, menyenangkan deh, akhirnya bisa ngerasain nyuapin Zaf setengah jam selesai! Mudah-mudahan bisa seterusnya gitu ya.. Amin, amin.. Hail to the Heinz lah, haha.. Sempet ngeri, jangan-jangan nanti di rumah dia nggak mau makan masakan mommy lagi setelah ngerasain enaknya makanan kalengan, tapi ngga kok ngga terjadi. Sampai sekarang makannya masih lahap dan kalem.

Nggak banyak foto-foto di Semarang, karena satu, hp rusak.. huhu.. literally item aja gitu layarnya, sedangkan rempong juga kalo tiap foto ngeluarin SGC.. kedua, booook.. capeee ya bok jalan bareng anak bayik yang lagi aktifnya ngerangkak.. Turun tiga kilo apa disana? (or not, karena makannya juga banyak? =p). Kayaknya tiap pagi Zaf bangun duluan daripada emak bapaknya, terus minta turun tempat tidur, terus abis itu ritual ngeliat kaca keluar (atau ngeliatin cermin) sementara kita berdua masih tepar di kasur. Capek! Hahaha, tapi worth it lah setiap detik dari perjalanan ini. Eyangnya nangis pas Zafran pamit pulang (iya Zafran.. kayaknya saya sama suami pulang gapapa deh, yang penting cucunya ditinggal), dan I am feeling like a bad guy here. Hihihihi..

'Til next vacation? Right!

Bawaan orang tuanya ya kira-kira cuma seperempat dari total ini lah.. Sisanya Zafran's!
Mamam nasi cah jamur di Bakmi GM. MSG Galooore...
Pemandangan favorit Zafran
Pemandangan favorit kedua Zafran =D
Pagi-pagi.. dimana orang tuanya masih teler, anak bayik udah minta turun kasur dan langsung cabs ke jendela.
Sky pool di hotel. Nice view, tapi karena di lantai 30.. anginnya kuenceeeng! Sempet ragu ngelarang Zaf turun karena takut masuk angin, tapi akhirnya berenang juga walau cuma sepuluh menit.


Sempet mampir Arto Moro. Yaay!
Pulaaaaang... :)

January 06, 2015

In a Meanwhile...

Baru ngeh setelah punya Zafran, jarang banget posting review tempat-tempat baru ya? Kenyataannya kalau pergi bertiga sama Zafran jarang bisa foto-foto tenang karena anak lagi aktif-aktifnya, sedangkan kalo pergi berdua sama suami jarang juga foto-foto karena saking menikmati kebersamaan berdua (halah!) yang jarang itu. Liburan kemarin ngga kemana-mana juga hiks, karena kebayang aja riweuh dan macetnya di jalan pas liburan panjang dimana semua-mua orang keluar. Mana cuaca mendung terus, mau keluar ngga jadi-jadi terus. Makanya waktu hari Jumat kemarin pagi-pagi udah ada matahari, langsung cabs aja pergi berenang walaupun belum mandi juga. Ngejar matahari!






Ini kali kedua Zafran berenang di kolam renang umum. Kali pertamanya rada-rada gagal gitu deh, karena takut. Haha, makanya rada hopeless juga, tapi dengan niatan jangan sampai Zaf ngga bisa berenang kayak mommy-nya, kita harus kenalkan sedari dini! :D Ngga ada persiapan juga, tau-tau aja berangkat. Ngga punya pelampung juga kita.. makanya selama berenang harus dipegangin. Eh taunya kali kedua ini dia girang ampun-ampunan, sampai udah diangkat juga dia terus-terusan merangkak ke arah kolam renang *pegangin erat-erat*

Zaf berenang selama 20 menitan deh kayaknya.. Abis itu kayaknya cukup exhausted, karena walaupun pagi makannya udah abis, dia minta makan lagi alias nyicip-nyicipin makanan gw dan mas Ro. Inget banget deh jaman dulu selalu wondering kapan pertama kali kita bakal ngebolehin Zaf makan KFC, ternyata belum sebelas bulan aja udah nyicipin yaaa.. (digetok Mamayeah). Hahaha.. cuma nyobain chicken porridge (buburnya aja) sama scrambled egg kok.  Lahap dia ya kalo ada mecin sama garam. :))



MPASI Zaf gimana? Mommy lagi males masak eung dan selalu terintimidasi sama MPASI cantik di Instagram yang diposting mommy-mommy kece itu. Desember kemarin juga like a hell for bankers mommy, makanya masaknya selalu yang simple, bubur sayuran plus protein (ikan, daging, ayam atau tahu). Untunglah belakangan Zaf selera makannya lagi bagus, walaupun masih dikemut tapi seringnya abis. 

So, see you next time! *kecup*

November 27, 2014

Quick Update!

I'd like to update everything about my little kiddo, but been very busy lately. So quick update!

Oktober kemarin Zafran sakit perdana. Emang sih dulu pernah demam dan flu ringan, tapi sehari sembuh sehari sembuh gitu. Nah waktu sakit kemarin, literally dia panas dan malem itu ngga bisa tidur lebih lama dari setengah jam. Abis itu bangun jejeritan. Demamnya naik turun berkisar 38 - 38.5 derajat. Walaupun setiap literatur bilang kalau minimal 3 hari sebelum dibawa ke dokter, hari kedua setelah demam langsung saya bawa ke dokter. Alasannya simple, anaknya ngga bisa tidur! Jadi dengan kejamnya saya minta obat tidur ke DSAnya. Eh, alhamdulillah dikasih obat tidur sehari itu, dia bisa tidur, besoknya demamnya turun daaaaan sehat-sehat sampai sekarang! 

Eh. Ngga sampai sekarang juga sih. Karena kemarin Zafran sakit lagi. Bzzzz... tapi yang ini ngga seheboh kemarin, cuma sedikit diare, jadi stop sayur dan buah, kasih karbohidrat dan protein tinggi aja. Dan pisang sih. Sekarang sih udah haha hehe lagi anaknya, tapi sempet turun berat badannya hiks. Mommy sedih.

Makannya gimana? Tetep susah kalo sama mommynya, tapi kalo sama mbaknya cepeeet! Suami pernah cuti dan ngintip Zaf pas lagi disuapin makannya sama mbaknya, lima belas menit selesai! Alhamdulillah ya... -___-"

MPASI yang baru? Sering-sering dateng ke blognya teh Nessa, soalnya resepnya simple tapi keren-keren, terus kalo ada yang ngga ngerti tinggal whatsapp orangnya dengan pertanyaan-pertanyaan bodong (Ngetim itu gimana ya teh? Sendok makan peres itu apa teh? Bless her.) Alhamdulillah masih suka masakin Zafran walaupun belum canggih, ga kayak yang di HHBF, tapi rasanya makin enak dan tolerable, karena kalo ga abis, mommynya yang suka ngabisin. #eaaaaa

Last, aduh udah jarang banget foto-foto Zafran karena anaknya subhanallah ga mau diem! Jadi kalo difoto pasti blur atau ngebayang. Perlu DSLR apa kita, suami? #kode





Kalo disuruh merangkak pasti nangis. Huh.
BYE!!!!

October 30, 2014

Just in case my husband read this blog..

... your wifey is craving.. salted caramel cupcakes. Red matte lipstick. Black eyeliner. Colorful ramekins. The Silkworm. the end.

#edisibanyakmau :)))

October 16, 2014

Perks of Being a Mother

Karena saya sedang banyak banget kerjaan, akhirnya bapaknya Zafran dipanggil pulang ke rumah (saya dan suami saat ini long distance) supaya bisa nemenin Zafran tidur (bisa siiih kerja sambil nemenin Zafran, tapi percayalah memandangi bayi tidur menyebabkan kantuk berat) dan saya bisa lembur kerja. Jam tujuh bapaknya sudah di rumah, dan Zafran juga sudah tidur. Akhirnya saya memutuskan untuk tidur dulu dan bangun jam sepuluh malam untuk bekerja seperti yang selalu saya lakukan apabila hendak lembur SEBELUM melahirkan.

Apa yang terjadi..

Jam sepuluh dibangunkan suami.. Zafran masih lelap dan suami sudah tidur. Belum pumping ASI dari jam lima sore. Akhirnya pumping dulu sampai jam 11 kurang seperempat. Beres-beres, masukin ke freezer dulu juga.

Turun ke dapur, aduh banyak sekali botol Zafran yang masih kotor. Akhirnya cuci steril dulu sampai jam setengah 12 malam.

Jam setengah 12 malam masak bubur buat makan Zafran besok. Gampil lah pakai slow cooker, lima belas menit selesai.

Jam 12 kurang 15, siap-siap buka laptop, baru aja laptop nyala, Zafran kebangun terus nangis sedih entah kenapa. Nggak berhasil dipuk-puk dan dibikin tidur sama bapaknya. Akhirnya harus ngelonin anak bayik dulu kurang lebih setengah jam sampai pulas lagi.

Setengah 1 pagi.. baru mulai siap-siap kerja. Damn, flash disk ketinggalan di kantor doooong... Batal kerja, batal kerja, batal kerja..


Well, you can't always get what you want... *kerukupan sama anak bayik akhirnya*