May 07, 2012

Healthy and Happy Life

What's new?
Terinspirasi dari mbak Eka, saya memutuskan untuk memulai hidup sehat! Sebenarnya alarmnya udah bunyi dari sekitar tiga bulan yang lalu, saat med-check di kantor, dan tingkat kolesterol saya hampir mencapai angka berbahaya! Woow.. shock juga ya, tapi setelah dipikir-pikir kebiasaan makan saya juga memang perlu diperbaiki. Daging merah dan jeroan memang bukan favorit saya, tapi fast food dan mie ayam bakso.. are my biggest weakness! Sulitnyaaah untuk berhenti makan kedua jenis makanan favorit itu..
Sampai kira-kira dua minggu yang lalu, ada satu kabar duka mengingatkan saya lagi. Salah seorang senior di kampus saya yang usianya cuma berbeda kira-kira 4 tahun dengan saya, tiba-tiba meninggal dunia akibat serangan jantung. Rasanya berita itu menohok saya hingga ke ubun-ubun. Di usia 28 tahun? Really?
Setelah brainstorming dengan mama, mama setuju membantu saya untuk memulai hidup baru ini (ciee.. hidup baru..). Jadilah mulai minggu lalu, saya mengganti nasi dengan kentang rebus. Selain itu juga dibantu dengan info dari web ini, saya belajar mengombinasikan makanan dengan tepat. Belum sempurna sih, saya kadang-kadang masih tergoda, seperti kemarin tergoda mendoan goreng panas yang baru diangkat dari penggorengannya, dan sate ayam, hahaha, tapi at least berusaha lah..
Selain itu, mama juga setiap pagi merebuskan wortel dan buncis untuk jadi teman kentang rebus saya. Apakah saya cuma makan kentang, wortel dan bunci saja? Oh tentu tidaaaak. Biasanya sih di kantor, saya beli lauk pauk tambahan di kantin, misalnya ikan, ayam, tahu, dan tempe. Biasanya juga saya beli tambahan tumis-tumis sayuran dari kantin. Repot? Nggak sih, malah lebih murah, hehe.. Yang repot biasanya melayani pertanyaan teman-teman,"Diet ya?" "Kasian banget makannya kentang". Haduh, ini baru makan kentang, gimana nanti kalo saya bawa ubi rebus ya ke kantor :p
Selain itu juga untuk sarapan saya meminimalisir makanan berat seperti roti bakar dan bubur ayam. Sekarang sih sarapan dijejalin aja sama jus dan buah-buahan potong. Lapar? Eh ternyata nggak kok. Asal porsinya pas saja.. :) Oya, selain itu menurut saya kentang lebih mengenyangkan dibanding nasi kok. Apa perasaan saya aja ya? :p
Oya, kalo kata mbak Eka, selain kentang rebus, bisa juga pake oatmeal. Cuma karena saya kurang suka rasanya, sejauh ini sih masih stick to the potato.
Makan malam? Sejauh yang saya baca sih, makan malan itu HARUS, karena dibutuhkan oleh tubuh. Banyak orang yang salah persepsi, bilang makan malam ini nggak boleh karena bikin gemuk. Tapi memang pada dasarnya saya nggak bisa kalo nggak makan malam sih, jadi saya tetap makan malam, tetapi dengan jenis makanan yang berbeda. Biasanya sih sayuran dan lauk pauk saja, jadi nggak pake karbo.
Pingin kurus? Hahaha, dulu sebelum nikah mikirnya seperti itu, sekarang udah laku jadi kurang peduli (somboooong, nyahaha). Saya cuma ingin lebih sehat aja. Dan hidup lebih lama. Amin.
Olahraga? Nah ini bagian tersulit. Dulu saya rutin ke gym sepulang kantor. Sejak target tahun ini dinaikan, pemimpin berubah dan kebijakan pulang kantor pun dimodifikasi, hampir nggak ada waktu untuk ke gym karena lembur. Sadis banget kerjanya? Memang iya, walaupun sampai saat ini nggak mengerti kenapa ada pemimpin yang menghalangi kemauan anak buahnya untuk sehat. Akhirnya saya berhenti, tidak olahraga lagi, sampai kemarin bertekad untuk bangun setengah jam lebih pagi dari biasanya untuk sekedar jalan-jalan pagi, stretching, atau senam-senam kecil. Susah sekali pada awalnya, apalagi kalau misalnya udara sedang dingin-dinginnya, duh, ingin menghilang di bawah selimut rasanya. Cuma ingatan tentang back pain yang nggak ilang-ilang mendorong saya untuk bangun setiap paginya. Saya bahkan lihat tutorial Yoga for Beginner dari you tube. Ternyata lumayan mudah dilakukan, dan dalam 10 menit saja udah keringetan. Walaupun hari-hari pertama pegel-pegel tangan, dan sampai sekarang saya nggak kuat push-up, tapi dengan olahraga yang seadanya itu bisa bikin lebih segar. Punggung yang sakit pun lama-lama mereda lho!
Doakan supaya bisa istiqomah ya! Karena yang paling sulit itu adalah mempertahankan gaya hidup ini. Jadi, gimana teman-teman, siap untuk berubah? Share ya disini ceritanya! :)
Peralatan tempur sehari-hari. Tumbler untuk jus buah, kotak hijau untu kentang rebus dan wortel/buncis rubis, dan kotak pink untuk buah-buahan potong. Nggak praktis ya? Katanya sih no pain no gain, jadi gapapalah nenteng-nenteng buntelan ini dari kantor ke rumah. ^_^


1 comment:

  1. Hidup Sehat itu sangat dianjurkan bagi dunia kesehatan dan semuanya om,, ya bener cara mempertahankannya

    ReplyDelete