July 05, 2012

Rafting di Citarik (part 2)

Setelah selesai makan dan kenyang, rombongan pun menuju sungai untuk rafting. Sebelum rafting, dibagikan perlengkapan terlebih dahulu diantaranya pelampung, helm, dan dayung. Selain itu juga diberikan pengarahan teknik-teknik mendayung yang benar dan cara mendengarkan perintah dari pemandu. Satu perahu berisi 4 orang, tiga peserta dan satu pemandu. Untuk perintah-perintahnya sendiri, cukup simple dan mudah dimengerti, tapi ternyata pusing juga yah dengerin komando pindah kiri pindah kanan untuk menjaga keseimbangan si perahu.
Saya sendiri seperahu dengan suami dan Pak Adhi, ditemani pemandu yang bernama pak Iyus. Halo pak.. semoga nggak kesel memandu kami yang geblek - geblek ini. Haha..
Arus air sendiri sedikit surut karena sedang musim kemarau, sehingga perahu lumayan sering nyangkut bebatuan sungai. Tapi kalo mendengar dan melakukan komando dengan baik, resiko tersangkut lebih kecil karena perahu dengan sendirinya akan mengikuti jalur dengan benar. Tapi kalo tersangkut, jangan takut! Pemandu yang baik hati pun  dengan sukarela akan turun dan membantu perahu sehingga turun kembali ke jalurnya. Kalo dipikir-pikir sih, kita seperti do nothing, dayung asal sana sini, sedangkan si pemandu di belakang mendayung sampe kayang-kayang buat mempertahankan posisi, hehe..
Perjalanan kita sendiri selama satu jam atau kurang lebih 5 km, melewati 11 jeram dan 9 perkampungan.

Ini jeram pertama, dan gara-gara salah denger perintah harusnya pindah kanan malah pindah kiri, akhirnya perahunya keputer jadi mundur kayak gini. Dimarahin lah sama pemandu, karena nggak dapet foto bagus di spot ini. Hahaha, becanda, pemandunya oke kok, baik-baik.

Berusaha mengembalikan perahu ke posisi semula. Yang depan bertiga sok sibuk semua, padahal yang paling berjasa itu Pak Iyus yang ada di belakang, hihi..



Astaga sempet ya sadar kamera :))


Buat yang nggak bisa berenang, jangan kuatir, nanti ada tips dan trick untuk mengatasi kalo jatuh dari perahu. Lagian ada pelampung, aman kok! Buat yang nggak basah, nanti ada satu area air tenang dimana kita semua disuruh nyebur ke bawah. Seru banget, lagian tujuan kesini kan emang buat basah-basahan, ngapain jaim, hehehe..

Nanti di finish point, kita udah disambut sama air kelapa muda, dan setelah istirahat sebentar, diangkut by pick up ke pendopo Arus Liar tempat berangkat tadi.
Over all menyenangkan sih! Seru banget, kapan lagi, hehe.. Except bagian besok pas bangun tidur, lengan dan paha udah pegel-pegel. Dasar pendayung amatir! Hahaha..

Jadi, kapan jalan-jalan lagi? :p

1 comment:

  1. haha, asik tu, aku udah lama ga nyemplung sungai. btw itu deket rumahmu kan?

    ReplyDelete